A.
Latar Belakang Masalah
Tepat pada
hari jum’at, 18 Mei 2005 silam, di sebuah gereja Katedral di Sundram Tagore
Gallery, New York, umat Islam di gegerkan dengan adanya seorang wanita menjadi
imam bagi laki-laki untuk pertama kalinya, tidak hanya itu saja, aminah wadud
juga menjadi khotib shalat jum’at yang di hadiri sekitar 100 orang jama’ah
wanita dan laki-laki. Sebelum shalat di mulai , adzan juga di kumandangkan oleh
seorang wanita, tanpa penutup kepala.[1]
Dalam
“jum’atan heboh” aminah wadud ini, ada sebuah hadits yang di perdebatkan yaitu
hadis ummu waraqah. Ummu waraqah adalah salah seorang sohabah yang mulia, di
mana pada waktu itu Rasulullah saw.berkunjung ke rumahnya, lalu Rasulullah
memerintahkan dia untuk menjadi imam bagi keluarganya.
Berangkat dari
fenomena kejadian di atas, timbul pertanyaan,: (1) bolehkah wanita menjadi imam
bagi laki-laki? (2) bagaimanakah status hadits ummu waraqah?Dalam menilai
periwayat yang diperselisihkan, penulis menggunakan kaidah al-Jarhu
Muqaddamun alā al-Ta’dīl.
B.
Beberapa variasi teks hadis
Hadis-hadis tentang Ummu Waraqah menjadi
Imam bagi keluarganya diriwayatkan oleh beberapa ahli hadis, yaitu Abū Dāwūd, al-Dāruquthni, Ibn Khuzaimah, dan Ahmad.
1. Riwayat Abū Dāwūd (w.275/889)
حَدَّثَنَا الْحَسَنُ بْنُ حَمَّادٍ الْحَضْرَمِىُّ حَدَّثَنَا
مُحَمَّدُ بْنُ فُضَيْلٍ عَنِ الْوَلِيدِ بْنِ جُمَيْعٍ عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ
بْنِ خَلاَّدٍ عَنْ أُمِّ وَرَقَةَ بِنْتِ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ الْحَارِثِ بِهَذَا
الْحَدِيثِ وَالأَوَّلُ أَتَمُّ قَالَ وَكَانَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه
وسلم- يَزُورُهَا فِى بَيْتِهَا وَجَعَلَ لَهَا مُؤَذِّنًا يُؤَذِّنُ لَهَا
وَأَمَرَهَا أَنْ تَؤُمَّ أَهْلَ دَارِهَا
Artinya: (Abū Dāwūd berkata): telah menyampaikan kepada kami al-Hasan
Ibn Hammād al-Hadrami(yang menyatakan): telah menyampaikan kepada
kami Muhammad Ibn Fudhail dari al-Walīd Ibn Jumai’ dari ‘Abdirrahmān
Ibn Khallād dari Ummi Waraqah Binti ‘Abdillāh
Ibn al-Hāris dia berkata –Rasulullah saw. Mengunjungi
rumahnya(Ummu Waraqah) dan menjadikan seorang muadzin untuk mengumandangkan
adzan dan memerintahkan ummu waraqah untuk menjadi
imam bagi keluarganya. (HR. Abū Dāwūd).[2]
2.
Riwayat
al-Dāruquthni (w.385 H)
حَدَّثَنَا أَبُوْ بَكْر الْنَيْسَابُوْرِيْ
ثَنَا أَحْمَدُ بْنُ مَنْصُوْرٍ ثَنَا أَبُوْ أَحْمَدَ الزُّبَيْرِيْ ثَنَا الْوَلِيْدُ
بْنُ جُمَيْعٍ حَدَّثَتْنِيْ جَدَّتِيْ عَنْ أُمِّ وَرَقَةَ وَكَاَنَتْ تَؤُمُّ :
أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلّىَ اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ أَذِنَ لَهَا أَنْ تَؤُمَّ
أَهْلَ دَارِهَا
Artinya: (al-Dāruquthni
berkata): telah menceritakan kepada kami Abū Bakr al-Naisabūri,(yang
menyatakan) telah menceritakan kepada kami Ahmad Ibn Manshūr, telah
menceritakan kepada kami Abū Ahmad al-Zubairi telah menceritakan kepada
kami al-Walīd Ibn Jumai’ telah menvceritakan kepadaku nenek ku dari Ummi
Waraqah dia menjadi imam: bahwa Rasulullah saw.mengizinkan Ummu Waraqah untuk
mengimami keluarganya.(HR.ad-Daruquthni)[3]
3. Riwayat Ibn Khuzaimah (w.311 H)
أَخْبَرَنَا أَبُوْ طَاهِرٍ نَا أَبُوْ بَكْر ثَنَا نَصْر عَلِيٍ
نَا عَبْدُ اللهِ بْنُ دَاوُودَ عَنِ الْوَلِيْدِ بْنِ جُمَيْعٍ عَنْ لَيْلَى بِنْتِ
مَالِكٍ عَنْ أَبِيْهَا وَ عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ خَلَّادٍ عَنْ أُمِّ وَرَقَةَ
: أَنَّ نَبِيَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ كَانَ يَقُوْلُ : اِنْطَلِقُوْا
بِنَا نَزُوْرُ الشَّهِيْدَةَ وَ أَذِنَ لَهَا أَنْ تُؤَذِّنَ لَهَا وَ أَنْ تَؤُمَّ
أَهْلَ دَارِهَا فِي الْفَرِيْضَةِ وَ كَانَتْ قَدْ جَمَعَتْ الْقُرْآَنَ
Artinya: (Ibnu Khuzaimah berkata):
telah menceritakan kepada kami Abū Thāhir, telah menceritakan kepada kami Abū
Bakr, telah menceritakan kepada kami Nashr ‘Ali, telah menceritakan kepada kami
‘Abdullāh Ibn Dāwūd, dari al-Walīd Ibn
Jumai’ dari Laila Binti Mālik dari ayahnya, dari ‘Abdirrahmān Ibn Khallād dari
Ummi Waraqah, bahwasanya Nabi saw.bersabda: pergilah kalian bersama kami, kami
akan mengunjungi asy-Syahīdah(sebutan bagi Ummu Waraqah) dan Rasulullah saw.
Mengizinkan Ummu Waraqah untuk mengimami keluarganya dalam shalat wajib dan
pada waktu itu Ummu Waraqah membaca al-Qur’an.(HR. Ibnu Khuzaimah)[4]
4.
Riwayat Ahmad (w.241 H)
حَدَّثَنَا أَبُو نُعَيْمٍ قَالَ
حَدَّثَنَا الْوَلِيدُ قَالَ حَدَّثَتْنِي جَدَّتِي عَنْ أُمِّ وَرَقَةَ بِنْتِ
عَبْدِ اللَّهِ بْنِ الْحَارِثِ الْأَنْصَارِيِّ وَكَانَتْ قَدْ جَمَعَتْ
الْقُرْآنَ وَكَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَدْ أَمَرَهَا
أَنْ تَؤُمَّ أَهْلَ دَارِهَا وَكَانَ لَهَا مُؤَذِّنٌ وَكَانَتْ تَؤُمُّ أَهْلَ
دَارِهَا
Artinya: (Imam Ahmad berkata)
telah menceritakan kepada kami Abū Nu’aim, dia berkata: telah menceritakan
kepada kami al-Walīd , dia berkata: telah menceritakan kepada ku nenek ku dari
Ummi Waraqah Binti ‘ Abdillāh Ibn al-Hāris al-Anshāri, Ummu Waraqah
sedang membaca al-Qur’an dan Nabi saw. Sungguh telah memerintahkan
Ummu Waraqah untuk mengimami keluarganya, dan dia mempunyai seorang muadzin dan
dia mengimami keluarganya.(HR.Ahmad)[5]
C.
Kritik Sanad Hadis (al-Naqd al-Khārijī)
Hadis
yang hendak dikritisi dari sisi sanadnya dalam hal ini adalah hadis Ummu
Waraqah yang diriwayatkan oleh Imām Abū
Dāwūd Juz I hadis no.592. Hal ini dimaksudkan untuk melihat apakah hadis
tersebut secara sanad sahih atau tidak. Jika secara sanad hadis tersebut sahih,
maka baru akan dilanjutkan dengan kritik internal atau dari sisi matannya.
Sanad
hadis ini terdiri dari (1) Abū Dāwūd, (2) al-Hasan Ibn Hammād
al-Hadrami (3) Muhammad Ibn Fudhail (4) al-Walīd Ibn Jumai’ (5)
‘Abdirrahmān Ibn Khallād (6) Ummi Waraqah Binti ‘Abdillāh Ibn al-Hāris. Adapun kredibilitas para
rawi di atas dapat dilihat dari para penilaian kritikus yaitu ulama ahl
al-Jarh wa al-Ta’dil sebagai berikut:
a.
Abū Dāwūd
(w.275/889)Abī
Nama lengkapnya
adalah Sulaimān Ibn al-Asy’ab Ibn Syaddād Ibn ‘Amr Ibn ‘Amir Abū Dāwūd
al-Sijistānī. Nama kuniyyah-nya Abū Dāwūd, sedangkan nama laqab-nya al-
Sijistānī.beliau lahir pada tahun 202 H dan meninggal pada tahun 275 H.
Beliau berguru
hadis antara lain al-Hasan Ibn Hammād
al-Hadrami Ibrāhīm Ibn Bassyār al-Ramadiy, Sulaimān Ibn Harb, Yahya
Ibn Fadhl al-Sijistānī, Yahya Ibn Muhammad Ibn al-Sakan al-Bazzār,
Yahya Ibn Ma’in, Ahmad Ibn Hanbal dan Yazid Ibn Khālid, Yūsuf Ibn
Mūsā al-Qatthān, Abī Husain al-Rāzi. Sedangkan murid beliau yaitu al-Tirmīdzi,Ibrāhīm
Ibn Hamdan Ibn Ibrāhīm Ibn Yūnus
dan sebagainya.[6]
Penilaian para ulama ahl al-Jarh wa al-Ta’dȋl
antara lain dikemukakan oleh
Ø
Mūsā Ibn
Harun al-Hafidz: Abū Dāwūd diciptakan di dunia hanya untuk hadis.
Ø
Abū
Hatim Ibn Hibbān: Abū Dāwūd adalah salah satu Imam dunia yang faqih, alim,
hafidz, wara’ dan mutqin.
Ø
Abū Bakr
al-Khalal: Abū Dāwūd adalah Kāna al-Imam al-Muqaddam fi Zamanihi
Ø
Imam
Musallamah Ibn Qāsim: Tsiqah[7]
b.
Al-Hasan Ibn Hammād
al-Hadrami
Nama
lengkapnya adalah al-Hasan Ibn Hammād Ibn Kusaib al-Hadrami
Abū ‘Ali al-Baghdadi yang dikenal dengan Sajjadah. Beliau wafat di Baghdad pada tahun 241 pada hari sabtu tanggal 8
Rajab.
Beliau berguru hadis antara lain dari Ibrāhīm Ibn Uyainah, Ishāq
Ibn Yūsuf al-Azraq, Ismā’īl Ibn Ulaiyyah, Husain Ibn ‘Ali al-Ju’fi,Khālid Ibn Hibbān
al-Raqiyyi,Muhammad Ibn Fudhail,Muawiyah Ibn Hisyām, Wāqi’ Ibn
al-Jarrah, Yahya Ibn Sa’id al-Umawiy,Yahya Ibn Ya’la al-Aslamiy.
Diantara murid beliau adalah Abū Dāwūd,
Ibn Majah,Ibrāhīm Ibn Ayyub al-Mukharrimiy,Ahmad Ibn Muhammad Ibn
Bakr al-Qashir,Ja’far Ibn Muhammad Ibn Syākir al-Sha’I, Yahya Ibn
Muhammad Ibn Sha’id.[8]
Penilaian para ulama ahl
al-Jarh wa al-Ta’dȋl antara lain dikemukakan oleh:
Ø
Ahmad Ibn
Hanbal: Sahibu Sunnah, wa ma balaghani anhu illa Khair
Ø
Abū Bakr al-Khātib: kana
Tsiqah
Ø
Abū Hātim: Dzakarahu
fi al-Tsiqat
c. Muhammad Ibn Fudhail
Nama lengkapnya
adalah Muhammad Ibn Fudhail Ibn Ghazwan Ibn Jarīr al-Dhabīyyi, Abū ‘Abdirrahmān
al-Kūfiy
Beliau berguru
hadis dari Ibrāhīm al-Hajariy, Ismāīl Ibn Abīy Khālid, Ismā’īl Ibn
Muslim al-Makiyyi, Basyir Ibn Muhājir , al-Hajjaj Ibn Dinar, al-Hasan
Ibn al-Hakam al-Nakha’I,al-Hasan Ibn ‘Ubaidillah al-Nakha’I, al-Hasan
Ibn ‘Amr al-Fuqaimi, Hushain Ibn ‘Abdirrahmān al-Sulamiy, Hamzah
Ibn Hubaib al-Zayyat, Wā’il Ibn Dāwūd,al-Walīd Ibn ‘Abdillāh Ibn Jumai’,
Yahya Ibn Sa’id al-Anshariy, Abīy Ishāq al-Syaibani, Abī Hayyan
al-Taimiy, Abī Malik al-Asyja,i. diantara murid beliau adalah Ibrāhīm Ibn
Sa’id, al-Jauhariy, Ahmad Ibn
Budail al-Yamiy,Ahmad Ibn Hanbal, Ahmad Ibn Sinan al-Qattān,
Ahmad Ibn Abīy Syu’aib
al-Harraniy, Ahmad Ibn ‘Abdillāh Ibn Yūnus,Ishaq Ibn Ruhawaih, al-Hassān
Ibn Hammād dan lain sebagainya.[9]
Penilaian para ulama ahl
al-Jarh wa al-Ta’dȋl antara lain dikemukakan oleh:
Ø
Harb Ibn Ismā’il: Hasan al-Hadis
Ø
‘Utsmān Ibn Sa’id al-Darimiy: Tsiqah
Ø
Abū Zur’ah: Shaduq
Min Ahl al-Ilm
Ø
Abū Hātim:
Syaikh
Ø
Al-Nasā’ī: Laisa
Bihi Ba’sun
d.
Al-Walīd Ibn Jumai’
Nama lengkapnya
adalah al-Walīd Ibn ‘Abdillāh Ibn Jumai’
al-Zuhriy al-Kufiy.
Beliau
meriwayatkan hadis dari Ibrāhīm al-Nakha’I, ‘Abdirrahmān Ibn Khallād
al-Anshariy, ‘Abdul malik Ibn Mughirah al-Thaifiy, Ikrimah Maula Ibn ‘Abbas,
Mujahi Ibn Jabr,Ummu Waraqah. Diantara murid beliau adalah asy’ab Ibn Atthaf,
Zaid Ibn Hubab, Muhammad Ibn Masruq al-Kindiy dan lain
sebagainya.
Penilaian para ulama ahl al-Jarh wa al-Ta’dȋl
antara lain dikemukakan oleh:
Ø Ahmad Ibn Hanbal: Laisa bihi Ba’sun
Ø Ishaq Ibn Manshur: Tsiqah
Ø Abū Hatim: Salih al-Hadis
e.
‘Abdurrahmān Ibn Khallad
Beliau
meriwayatkan hadis dari Ummu Waraqah, sedangkan yang meriwayatkah hadis dari
beliau adalah al-Walīd Ibn ‘Abdillāh Ibn
Jumai’.
Penilaian para ulama ahl al-Jarh wa al-Ta’dȋl
antara lain dikemukakan oleh:
Ø Ibnu Hajar mengutip pendapatny Abū al-Hasan
Ibn al-Qatthan tentang ‘Abdurrahmān Ibn
Khallād adalah majhul.[10]
f.
Ummu Waraqah
Nama
lengkapnya adalah Ummu Waraqah Binti Naufal al-Anshariyyah ada juga yang
berpendapat Binti ‘Abdullāh Ibn Hāris
Ibn ‘Uwaimir. Beliau termasuk sahabah yang mulia. Dalam hal ini, penulis
menggunakan kaidah jumhur ulama hadis
bahwa al-Sahābah kulluhum Udūl,(setiap sahabat adalah adil.
D. Pemahaman Hadis Ummu Waraqah
Mengenai
hadis Ummu Waraqah yang oleh sekelompok minoritas muslimah sering dijadikan
dasar kebolehan wanita menjadi imam shalat bagi jama’ah laki-laki adalah hadis
yang masih diperselisihkan kesahihannya. Setelah penulis melakukan penilitian,
sanad hadis Ummu Waraqah di atas dhaif, hal ini dikarenakan ada perawi yang
tidak dikenal ‘Abdurrahmān Ibn Khallād,
sedangkan dalam Syarh Abū Dāwūd yaitu ‘Aun al-Ma’būd ada dua perawi yang tidak
dikenal yaitu al-Walīd Ibn Jumai’ dan ‘Abdurrahmān Ibn Khallād.[11]
Tentang hadis Ummu Waraqah--yang
diriwayatkan berbagai imam-imam ahli hadis antara lain Imam Abū Dāwūd, Ahmad,Ibn Khuzaimah,
Ad-Dāruquthni dan lain-lain -- ada beberapa versi. Di dalam riwayat Abū Dāwūd
misalnya, benar Ummu Waraqah itu minta kepada Rasulullah SAW untuk ditunjuk
seorang muadzin. Nabi saw. kemudian menyuruh Ummu Waraqah untuk menjadi imam bagi penghuni
rumahnya. "Jadi, dalam hal itu adalah antaumma ahla daariha (agar ia
menjadi imam bagi para penguhuni rumahnya-red)," ujar pakar hadis, Prof KH
Ali Musthafa Ya'kub.[12]
Hadis riwayat Imam Ahmad dan Abū Dāwūd juga mengisahkan hal yang
sama. Hadis ini, kata Ali, sifatnya masih umum dalam artian bisa jadi makmumnya
perempuan semuanya. Bisa makmumnya laki-laki, bisa juga makmumnya laki-laki dan
perempuan. Dan di sini tidak ada kejelasan. Jadi, kata dia, menurut kaidah fikih,
memakai hadis ini ada dua pendekatan.
Pertama, sebuah dalil kalau mengandung beberapa
kemungkinan-kemungkinan atau tidak memberikan kepastian maka tidak dapat
dipakai sebagai sumber hukum. "Nah, hadis Ummu Waraqah ini yang
diriwayatkan Abū Dāwūd, Ahmad dan sebagainya, itu masih banyak
kemungkinan. Maka dari sisi ini tidak dapat dijadikan sebagai sumber hukum,"
.Kedua, dalam memahami hadis, kita harus membandingkan antara satu
riwayat dengan hadits yang lain. Karena pada prinsipnya, hadis itu adalah satu
misi satu ajaran dan satu kesatuan yang tidak dapat dipisah-pisahkan antara
yang satu dan yang lain. "Ternyata dalam hadis Ummu Waraqah ini terdapat
beberapa versi, pertama Nabi saw. menyuruh Ummu Waraqah untuk menjadi imam bagi
penghuni rumahnya. Dalam versi lain, riwayat Ahmad, Nabi saw. dengan jelas menyuruh Ummu Waraqah untuk
menjadi imam bagi wanita-wanita penguhuni rumahnya. Perintah dari Nabi saw. itu
langsung ada kata-kata Qad amara an taumma ahla dariha"Berdasarkan
kaidah pemahaman hadis yufassiru ba'duhu ba'dhan hadis itu menafsiri satu sama
lain sebagai mana ayat Al-Quran juga menafsirkan satu sama lain. Maka hadis
riwayat Ahmad menafsirkan hadis yang sifatnya umum yang hanya
menyebutkan penghuni rumahnya saja. Atau dengan kata lain bahwa hadis versi
pertama yang menyebutkan bahwa Ummu Waraqah diperintahkan Nabi saw. untuk
menjadi imam penghuni rumahnya itu tidak dipakai. Dan yang dipakai sekarang
adalah hadis versi yang kedua yang menyatakan bahwa Nabi saw. menyuruh Ummu
Waraqah untuk menjadi imam shalat bagi wanita penguhuni rumahnya. "Dari
sini sudah jelas bahwa hadis itu yang dimaksud adalah Ummu Waraqah menjadi imam
kaum wanita penghuni rumahnya," pengertian yang kedua ini didukung
hadis lain yang diriwayatkan Imam Ibnu Majah. Dalam hadis itu Nabi saw.
bersabda, laa taummanna imraatun rajulan yang artinya "Sekali-kali
tidaklah patut seorang wanita menjadi imam bagi laki-laki."Hadis riwayat
Ibnu Majah ini memang dari segi sanad tidak valid. Jadi tidak shahih, tetapi
substansinya telah diterima oleh para ulama dan diamalkan sejak zaman sahabat
sampai masa sekarang. Ini penerimaan ulama menjadi unsur yang penting tentang
hadis itu dapat dipakai sebagai sumber hukum. Jadi, hadis kendati dari segi
sanad tidak shahih, apabila substansinya diterima oleh para ulama kemudian diamalkan, maka
hadis itu dapat menjadi sumber hukum Islam. Itu kesepakatan ulama.[13]
Dalam hal ini penulis tidak
sependapat dengan pendapat Mushtafa ali ya’qub, Karena hadis bisa dijadikan sebagai landasan sumber hukum Islam
manakala hadis tersebut adalah hadis yang sahih.[14] Dalam hal sanad, hadis tersebut harus
memenuhi syarat-syarat sanad sahih yang meliputi ketersambungan sanad sampai ke
Nabi saw, diriwayatkan oleh para perowi adil serta dlabit,[15]
terhindar dari keraguan (syudzudz dan terhindar dari illat.[16] Disamping
makbul secara sanad, hadis tersebut juga harus makbul secara matan,
dalam artian: (a) tidak bertentangan dengan sumber ajaran (dalil) yang lebih
kuat, baik al-Qur’an maupun hadis lain yang berkualitas lebih baik,(b) tidak
bertentangan dengan akal sehat dan sejarah serta prinsip umum syari’at.
Hal inilah yang dijadikan Muhammadiyah
dalam menetapkan kaidah kesahihan hadis, dimana Muhammadiyah menetapkan
kriteria: Hanya hadis-hadis yang berkualitas makbul saja yang bisa
dijadikan dasar agama. yang dimaksudkan sebagai hadis atau al-Sunnah
al-Maqbulah adalah perkataan, perbuatan dan ketetapan Nabi saw. Yang
menurut hasil analisis, baik sanad maupun matan, memenuhi syarat untuk
digolongkan sebagai hadis sahih dan hasan sehingga karenanya
dapat dijadikan hujjah syar’iyyah.[17]
E. Kesimpulan
Dari penelitian yang penulis lakukan dapat
ditarik dua kesimpulan, yaitu:
1. Seorang wanita
tidak boleh menjadi imam yang makmumnya terdiri dari laki-laki, akan tetapi
wanita boleh menjadi imam yang makmumnya perempuan. Hal ini dilakukan sebagian sahabat Nabi Shallallahu 'alaihi wa
sallam, di antaranya 'Aisyah dan Ummu Salamah.
2. Hadis Ummu
Waraqah tentang menjadi imam penghuni rumahnya adalah dhāif, hal ini
dikarenakan ada beberapa perawi yaitu ‘Abdurrahmān Ibn Khallād, dan Lila Binti Malik yang dinilai majhul
oleh para kritikus hadis.
DAFTAR PUSTAKA
Ȃbādi, Abū al-Tayyib Muhammad
Syams al-Haqq al-Aẓīm, ‘Aun al-Ma’būd Syarh Sunan Abī Dāwūd, al-Madīnah
al-Muwwarah:al-Maktab al- Salafiyyah,
1388/1968.
Abū Dāwūd, Sulaimān Ibn al-As’as
al-Sijistani, Sunan Abī Dāwūd, al-Qāhirah: Dār al-Hadīṡ, 1408/1988.
Ahmad, Abū ‘Abdillāh Ahmad Ibn Muhammad
Ibn Hanbal Ibn Hilāl al- Syaibani,Musnad
Imam Ahmad, edisi, Syu’aib al-Arnāuth,(Beirut: Muassasah al-Risālah,1422/2001.
Atsqalâni,Syihâb
al-Dȋn Abȋ al-Fadhl Ahmad Ibn
‘Ali Ibn Hajar al- Tahdzȋb al- Tahdzȋb,
Beirut: Dar Shadir, 1326.
Al-Dāruquthni,al-Hāfiz al-Kabīr ‘Ali Ibn
‘Umar,Sunan al-Dāruquthni, edisi: Syu’aib
al-ArnāuthBeirut: Muassasah al-Risālah, 1424/2004.
Al-Mizzi,Jamâl al-Dȋn Abī al-Hajjâj,Tahdzȋb
al-Kamâl Fi asmâ’ al-Rijâl, Beirut:
Muassasah al-Risâlah, 1415/1994.
Chusnul
Ashari, al-Jarh dan al-Ta’dil dalam pandangan Muhammadiyah (studi pengginaan kaedah al-Jarhu
Muqaddamun ala al-Ta’dil ba’da al[-Bayan al-Syafi
al-Mu’tabar Syar’an,Skripsi,Yogyakarta:
Fakultas Agama Islam,:Jurusan Tafsir Hadis, Universitas Ahmad Dahlan
,2003
Ibn Khuzaimah, Abū Bakr Muhammad
Ibn Ishāq al-Naisabūri Sahīh Ibn khuzaimah,edisi:
al-A’ẓami, Beirut:al-Maktab al- Islāmī, 1390/1970.
Itr, Nuruddin,
Manhaj al-Naqd Fi Ulūm al-Hadīs, Syiria: Dar al-Fikr, 1981.
Syuhudi Isma’il, Metodologi Penelitian Hadis NAbī,Jakarta: Bulan Bintang,2007, cet ke II.
-----------, Kaidah
Kesahihan Sanad Hadis, Telaah Kritis dan Tinjauan dengan pendekatan Ilmu
Sejarah: Jakarta: Bulan Bintang,2005, cet ke III.
Al-Insan, Jurnal Kajian Islam, Vol II, No
2, 2005
[1] al-Insan,Jurnal Kajian Islam, Vol II, No 2,
2005
[11] Abū al-Thayyib, ‘Aun al-Ma’būd Syarh Sunan Abī Dāwūd,(Madinah: al-Maktab al-Salafiyyah,
1388/1968)II:302
[15] Unsur-unsur ini
disebut oleh syuhudi Ismail “kaidah mayor kesahihan sanad hadis”, sedangkan dua
unsur setelahnya yaitu terhindar dari
syudzdudz dan illat dimasukkan sebagai “kaidah minor” lihat Syuhudi Ismail, Kaidah
Kesahihan sanad Hadis, telaah kritis san tinjauan dengan pendekatan ilmu
sejarah,(Jakarta: Bulan Bintang) h.123
[17] Lihat skripsi
Chusnul Ashari, al-Jarh dan al-Ta’dil dalam pandangan Muhammadiyah (studi pengginaan
kaedah al-Jarhu Muqaddamun ala al-Ta’dil ba’da al[-Bayan al-Syafi al-Mu’tabar
Syar’an,(Universitas Ahmad Dahlan: Jurusan Tafsir Hadis, 2003) h.37
Tidak ada komentar:
Posting Komentar